Tuesday, April 14, 2009

Energi Panas Bumi Dominasi Proyek Listrik 10.000 MW


Kamis, 19-Februari-2009, 08:01:17 by Sub Bagian Sistim In

JAKARTA. Dalam proyek listrik 10.000 megawatt (MW) tahap II, dominasi batu bara sebagai sumber energi kini digantikan oleh panas bumi. Porsi untuk pembangkit listrik yang mengunakan sumber energi panas bumi mencapai 4.733 MW. Atau dengan kata lain, dari energi yang akan dibangun tersebut sekitar 48% ditopang dari panas bumi.

"Untuk tahap II ini batu bara hanya menyumbang 40%, sementara 48% ditopang panas bumi, dan 12% sisanya oleh tenaga air," papar Direktur Jenderal Mineral Batubara dan Panas Bumi (Dirjen Minerbapabum) ESDM, Bambang Setiawan dalam Media Briefing bertajuk Potensi Batu Bara untuk Ketahanan Energi Nasional, di Gedung Minerbapabum, Jalan Saharjo, Jakarta, Senin (16/2).

Dirjen Minerbapabum juga menjelaskan bahwa kebutuhan batubara dalam negeri tahun ini mencapai sekitar 65 juta ton. "Dari jumlah tersebut, penggunaan utama adalah pada sektor kelistrikan," kata Dirjen Minerbapabum.

Oleh karena itu, semua perusahaan batubara yang beroperasi di Indonesia diharapkan dapat bergotong royong memenuhi kebutuhan tersebut. "Kebutuhan 65 juta ton itu kita bagikan ke perusahaan-perusahaan batubara, sehingga mereka dapat mengalokasikan berapa yang harus mereka sisihkan untuk kebutuhan dalam negeri dari produksinya," ujar Dirjen Minerbapabum menutup sesi tersebut.

Sumber: Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral

No comments: